Mahasiswa Ilmu Administrasi Negara Raih Juara 1 Kompetisi Karya Tulis IAPA

Peran pemuda dalam sociopreneurship berhasil mengantar mahasiswa Ilmu Administrasi Negara, FIS UNY menjuarai Kompetisi Karya Tulis Mahasiswa yang diselenggarakan oleh Indonesian Association for Public Administration (IAPA) 2016 (6/10). Bertempat di University Club Universitas Gadjah Mada, artikel penelitian Muhammad Fauzi, Ziyan Zulfa Karimah, dan Hadi Rahmanto yang berjudul Peran Pemuda dalam Sociopreneurship Pengembangan Desa Wisata Kalibiru Di Kabupaten Kulonprogo, menjadi juara 1 dan menyisihkan karya ilmiah dari berbagai universitas. Juara 2 diraih oleh Universitas Indonesia, dan juara 3 dari Universitas Gadjah Mada.
Tim yang dibimbing oleh Dosen Jurusan Ilmu Administrasi Negara, Kurnia Nur Fitriana, MPA, cukup menyita perhatian dewan juri dalam melihat konsep sociopreneurship dalam sebuah pengembangan desa wisata. Pemuda dalam sociopreneurship, menjadi penggerak utama berkembangnya suatu daerah. Temuan-temuan seperti ini harus didorong supaya reposisi peran pemuda dalam masyarakat semakin kuat sebagai penggerak pembangunan.
Kompetisi Karya Tulis IAPA tahun 2016 diselenggarakan sebagai rangkaian rangka kegiatan IAPA Annual Conference 2016. Kompetisi ini merupakan wadah mahasiswa dalam menuliskan berbagai gagasan/ide kreatif dan menawarkan solusi sebagai respons intelektual atas persoalan aktual yang dihadapi masyarakat. Dari seluruh pengirim artikel, terpilih delapan finalis yang harus mempresentasikan hasil penelitiannya dihadapan dewan juri di Magister Administrasi Publik, UGM. Dua tim dari Ilmu Administrasi Negara, FIS UNY berhasil menembus final dimana salah satunya menjadi juara. Tim lainnya dari Ilmu Administrasi Negara, FIS UNY yang berhasil menembus final yaitu Aditya Krisna Bayu, Utari Nur Safitri, dan Syamsul Arifin. Finalis yang lain berasal dari Universitas Andalas, Universitas Diponegoro, Universitas Gadjah Mada dan Universitas Indonesia. Hasil ini semakin meningkatkan motivasi mahasiswa dalam berkontribusi menyumbangkan ide dan gagasannya pada masyarakat dan bangsa. (admin)

Label Berita: