Pendidikan Sejarah Jadi Obyek Favorit Studi Banding Universitas Luar Jawa

Program studi pendidikan sejarah Fakultas Ilmu Sosial dan Ekonomi (FISE UNY)  kembali  menjadi obyek kunjungan peserta studi  banding dari Universitas Riau Kepulauan (UNRIKAL), setelah sehari sebelumnya, senin(12/7/11) di kunjungi civitas akademika dari Universitas Tadulako.  Dalam sambutannya, Dr. Suratman selaku ketua tim studi banding membeberkan beberapa  alasan dipilihnya prodi pendidikan sejarah sebagai obyek kunjungan, diantaranya,  Pendidikan sejarah adalah prodi yang sudah ternama dan berkualitas, terbukti   mampu mempertahankan  akreditasi A selama 10 tahun terakhir. Selain faktor tersebut, animo masyarakat baik di pulau jawa maupun di luar jawa termasuk di kepulauan  Riau, minat   untuk menguliahkan  putra- putrinya di prodi pendidikan sejarah UNY cukup tinggi.

Pendidikan Sejarah sebagai prodi baru di universitas Riau Kepulauan  membutuhkan masukan dan bimbingan terutama yang berhubungan dengan manajerial, pengelolaan akademik, percepatan studi, pengelolaan dan pengembangan kreativitas mahasiswa  serta  pendataan Alumni. Acara yang di hadiri oleh semua civitas akademika pendidikan sejarah berlangsung dengan suasana akrab dan penuh kekeluargaan.

Setelah acara dialog selesai dilaksanakan, dilanjutkan dengan kunjungan ke laboratorium Pendidikan sejarah, rombongan dari UNRIKAL menyatakan  kekaguman sekaligus keprihatinannya. Kekaguman mereka ketika mengetahui bahwa isi laboratorium berupa maket-maket sejarah, media pembelajaran  yang tertata rapi merupakan output / hasil karya mahasiswa dalam mata kuliah Komputer dan pengembangan Laboratorium. Sementara di lain pihak mereka sangat prihatin  melihat kondisi gedung yang tergolong sudah uzur, sempit dan sama sekali tidak layak dijadikan sebagai  ruang laboratorium, kondisi ini tentu berbanding terbalik dengan kondisi gedung-gedung yang ada di UNY yang kondisinya serba baru dan mentereng. "Kok bisa ya ......?", Ungkap mereka dengan nada keheranan.

Sementara itu, ketua Prodi pendidikan sejarah Terry Irenewaty, M.Hum. menyampaikan apresiasi mendalam atas kunjungan ke prodi pendidikan sejarah, mudah mudahan  kedepan kami tetap eksis dan mampu mempertahankan kepercayaan masyarakat ditengah fasilitas yang serba terbatas. Tawaran kerjasama baik di bidang akademik maupun non akademik akan menjadi pertimbangan kami bersama teman teman civitas akademika pendidikan sejarah. (Zul)