Peran Pemuda Sebagai Tema dalam Seminar Nasional dan Talk Show HMAP

Seminar Nasional HMAP FISHIPOL UNY telah dilaksanakan pada tanggal 11 November 2023 lalu, tema yang diusung tahun ini adalah "Peran Generasi Muda Dalam Sistem Pemerintahan NegaraSeminar Nasional dilaksankaan secara Hybrid, daring melalui Zoom Meeting yang diikuti lebih dari 350 peserta, dan luring di Gedung IKA UNY lantai 2. Tujuan kegiatan ini sebagai wujud Peran Generasi Muda dalam menciptakan perubahan positif dalam sistem pemerintahan negara, menyuarakan aspirasi, dan menciptakan platform inklusif untuk dialog antargenerasi. Kami percaya bahwa kolaborasi antara generasi adalah kunci untuk membangun fondasi yang kokoh bagi masa depan yang lebih baik.

Kegiatan ini diawali dengan sambutan Kepala Departemen Administrasi Publik, Bapak Dwi Harsono,Ph.D dimana dalam sambutannya mengingatkan pentingnya untuk mengikuti acara dengan sebaik-baiknya agar peserta medapatkan banyak manfaat dari acara ini terutama peran generasi muda diyakini akan mampu mendorong terjadinya transformasi pemerintahan ke arah yang lebih baik melalui efektifitas, perbaikan dan pengembangan. Selanjutnya, sambutan oleh Dekan FISHIPOL UNY, Bapak Dr. Supardi, S.Pd., M.Pd., dimana dalam sambutan singkatnya Bapak Dekan menyampaikan bahwa "Generasi muda harus berjiwa muda" kemudian dilanjutkan dengan pembukaan acara oleh Bapak Dekan. Acara ini juga dihadiri oleh dosen pengajar Departemen Administrasi Publik Ibu Dr. Marita Ahdiyana, S.I.P., M.Si. Bapak Pandhu Yuanjaya, S.Sos., MPA. Ibu Maryam Fithriati, dan Ibu Lutfia Septiningrum,S.Si.,M.Stat

Terdapat 3 pembicara dalam acara ini diawali pembicara dari Perencana Ahli Muda BAPPEDA DIY, Bapak Muh.Taufiq yang pada sesi ini menyampaikan tentang demografi penduduk di Indonesia serta pilihan pendekatan partisipasi generasi muda dalam dinamika kebangsaan, dimana pesan yang diberikan kepada peserta adalah "Pemerintah bukan Super Hero, yang pada berjalanannya pemerintahan membutuhkan dukungan dan peran aktif masyarakat". Selanjutnya Bapak Alfath Indonesia, Dosen FISIPOL UGM menyampaikan tentang survey menarik di Indonesia menjelang pemilu 2024 "Masyarakat Indonesia cenderung menyukai Calon Pemimpin yang mengusung visi misi bertema keberagaman, pengentasan kemiskinan, dan pemerataan pendidikan". Pembicara ketiga adalah dosen FISHIPOL UNY Bapak Erdhianto Arya, dosen yang kerap dipanggil Pak Arya menyampaikan materi yang menarik yaitu Peran genersi milenial dalam pemerintahan negara. 

Setelah sesi pemaparan materi dilanjutkan dengan sesi talkshow yang diikuti secara aktif oleh peserta di Zoom Meeting maupun pada acara luring. peran aktif peserta dala sesi tanya jawab menggambarkan acara seminar ini sangat memberikan dampak kepada peserta acara. Selanjutnya acara ditutup dengan memberikan kenang-kenangan kepada pembicara.

Pada tahun selanjutnya, acara seminar akan terus dilakukan rutin dengan tema-tema menarik lainnya. Sampai Jumpa di Seminar Nasional Tahun 2024.

Label Berita: